Sabtu, 23 Agustus 2014

Iman Kepada kitab kitab Allah SWT

Pengertian Iman Kepada Kitab-Kitab Allah SWT
Secara bahasa, iman artinya yakin atau percaya. Iman kepada kitab-kitab Allah SWT artinya meyakini bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitab kepada para nabi dan rasul-Nya melalui perantara malaikat Jibril. Kitab-kitab tersebut, sebagai pedoman hidup umat manusia untuk memperoleh kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat.
Setiap muslim, wajib percaya adanya kitab-kitab Allah SWT yang diturunkan kepada para rasul-Nya. Kitab-kitab tersebut menjadi pedoman hidup manusia. Karena itu, kita wajib memahami dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kitab-kitab Allah SWT tersebut, berisi tentang kabar gembira dan berita peringatan. Kabar gembira berupa surga yang dijanjikan bagi orang-orang yang beriman, bertaqwa dan beramal shaleh. Dan sebagian peringatan, diperuntukan bagi orang-orang kafir serta munafik yang selalu berbuat kerusakan di muka bumi.
Perhatikan firman Allah SWT berikut yang artinya: "Manusia adalah umat yang satu (setelah timbul perselisihan), maka Allah mengutus para nabi sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan. Dan Allah menurunkan bersama mereka kitab dengan benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Tidaklah berselisih tentang kitab itu melainkan orang yang telah didatangkan kepada mereka, keterangan-keterangan yang nyata....."(QS. Al-Baqarah : 21)
-Kitab-Kitab Allah SWT dan Rasul-Rasul yang Menerimanya
Kitab-kitab Allah yang wajib kita imani ada empat, yaitu:
1. Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa a.s dengan bahasa Ibrani. Kitab ini berisi tentang aqidah dan syari'ah
2. Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud a.s dengan bahasa Qibti. Kitab ini berisi tentang aqidah, ibadah dan nasehat
3. Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa a.s dengan bahasa Suryani. Kitab ini berisi tentang aqidah dan syari'ah
4. Kitab Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan bahasa Arab. Kitab ini berisi tentang aqidah, syari'ah, muamalah dan sejarah.
Kitab-Kitab Allah SWT Sebagai Petunjuk Bagi umat Manusia
Keberadaan kitab suci di tengah-tengah kehidupan manusia menjadi suatu hal yang sangat penting. Sebab manusia tidak akan mengalami ketakutan dan kekhawatiran, jika dalam menjalani hidup mereka berpegang teguh pada-Nya.
Allah SWT berfirman yang artinya: "Orang-orang yang telah kami beri Al-kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka beriman kepadanya. Dan barangsiapa ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi."(QS. Al-Baqarah : 121)
-Fungsi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah SWT, antara lain:
1. Sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi manusia
2. Mendapatkan petunjuk yang tertinggi untuk membedakan hal yang halal dan yang haram, serta perbuatan yang haq dan yang bathil.
3. Sebagai rahmat bagi orang-orang yang beriman
4. Sebagai pelajaran yang sangat berharga dari kisah-kisah para nabi terdahulu
5. Sebagai penenang dan penentram hati
6. Pemberi informasi tentang adanya akherat
7. Agar manusia mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan di akherat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar